Dusun Bambu Leisure Park

Kalian udah ga asing kan sama Dusun Bambu Leisure Park, yap salah satu tempat wisata yang terletak di Jalan Kolonel Masturi Bandung Km 11. Wisata yang memperlihatkan pesona alam yang sejuk nan indah ini pas banget buat kalian yang suntuk sama rutinitas kantor atau kuliah dan kemacetan Ibu Kota. Rute ke Dusun Bambu gampang banget kok. Kalo kalian dari Jakarta, ambil tol Purbaleunyi, lalu keluar tol Cimahi, dari situ ikutin jalan aja. Jika kalian sudah melewati pasar, ambil jalur kiri. Setelah itu, lurus, ada pertigaan (di petunjuk arah ada tulisan Citereup tanda panah kanan) nah kamu belok kanan aja. Ikutin terus jalannya, sampe kalian ketemu pertigaan lagi lalu belok kiri. Nah dari situ lurus aja nanti juga ketemu Dusun Bambunya. Nah kalo kalian dari arah Bandung atau Dipatiukur, kalian ga harus ke Cimahi dulu ko, kalian bisa lewat Setiabudi, lurus terus ambil arah yang mau ke Lembang, setelah melewati UPI, kira-kira 500 m, kalian masuk ke Jalan Sersan Bajuri, dari situ lurus terus, sampe deh ke Dusun Bambu. Jalan menuju Dusun Bambu dari arah Cimahi maupun Lembang, sama-sama kecil dan nanjak guys. Jadi hati-hati ya yang bawa mobil maupun motor.

Harga tiket Dusun Bambu itu murah lho guys, untuk motor dikenakan tarif Rp 10.000, untuk mobil  dikenakan tarif sekitar Rp 15.000, dan untuk Bus dikenakan tarif sekitar Rp 30.000 atau Rp 40.000 (lupa lagi). Sedangkan tarif untuk 1 orangnya hanya Rp 10.000. Waktu aku kesini, aku bawa motor jadi cuma Rp 20.000 deh, murah kan?
Untuk lahan parkirnya, luas ko guys, bus aja bisa masuk dan aman pastinya. Oh iya, tiket masuk kamu, usahain jangan hilang ya, soalnya lumayan bisa dtukar dengan sebotol air mineral pada saat kalian pulang.

Perjalanan untuk sampai ke titik spot Dusun Bambu, kalian bisa naik odong-odong (kendaraan yang sudah disediakan oleh Dusun Bambunya) atau bisa jalan kaki dengan melewati sawah-sawah. Kalo kalian naik odong-odong kadang harus ngantri dulu guys. Sedangkan jalan kaki, kalian berasa pulang ke kampung halaman guys selain itu bisa sambil foto-foto / berselfie ria. Eh ada kerbaunya juga lho guys.
Nah ini dia sawahnya guys

Nah ini jalan menuju titik spot dusun bambu

Odong-Odong Dusun Bambu
Nah, silakan pilih mau naik odong-odong atau jalan. Menurut aku sih lebih baik jalan. Oh iya, odong-odong ini gratis ko, ga dipungut biaya lagi.

Setelah kalian melewati perjalanan yang panjang, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang bikin kalian seneng dan ingin berada lama-lama disini. Ketika kalian masuk, kalian langsung melihat danau yang di tepinya ada rumah. Kalian mengira rumah itu pasti penginapan. Perkiraan kalian salah guys, rumah yang ada di tepi danau itu adalah tempat makan. Untuk kalian bisa makan disana, minimal 6 orang dan per-orangnya Rp 150.000 (kalo ga salah). Di danau ini juga terdapat sampan (perahu dayung) dan sejenis bebek-bebekan tetapi bentuknya bulat (lupa namanya apa). Untuk sampan dikenakan tarif Rp 10.000/orang, bagi kalian yang takut naik sampan, tenang aja ko, ada masnya yang siap membawa sampan kamu. Jadi kamu tinggal duduk aja dan foto-foto deh. Untuk sejenis bebek-bebekan itu dikenakan tarif Rp 20.000/orang.
Ini nih danaunya guys

Ini sampannya


 Selain danau, di Dusun Bambu ini, ada juga taman bunganya. kalo menurut aku sih lumayan. Tapi bagus lah untuk foto-foto. Bunganya pun tidak terlalu tinggi. Lalu disini pun ada sungai buatan guys. pokoknya kalian akan puas banget foto-foto deh.
Nah ini dia taman bunganya

itu ada sungai, dan jalan ini menuju taman bunganya guys
Setelah kalian menjelajahi danau sampe ke taman bunga, pastinya kalian capek kan? Tenang aja guys, disini ada tempat makannya kok. Modelnya sih lebih ke Foodcourt. Nah disini makanannya bermacam-macam guys, ada baso malang, nasi goreng, kerak telor dan masih banyak lainnya. Tapi ada satu makanan nih yang unik disini yaitu Lenggang Panggang. Lenggang Panggang ini makanan yang berasal dari Palembang, ini tuh sebenernya adonan pempek yang dicampur telur dan dimasaknya dengan cara dipanggang, disajikannya pun memakai kuah pempek. Rasanya hampir ga jauh beda sama pempek tapi rasa telurnya berasa guys. Satu porsi Lenggang Panggang harganya sekitar Rp 24.000 guys. Oh iya untuk membeli makanan disini kita mesti menukar uangnya dulu guys dengan uang yang berlaku di Dusun Bambu ini. Dan bayarnya langsung di tempat yang jual Lenggang Panggang ini guys.
Ini dia uangnya
  
Ini dia Lenggang Panggang
Bagi kalian yang ingin membeli pernak-pernik khas Jawa Barat, tenang aja ko di Dusun Bambu pun tersedia berbagai macam pernak-pernik Jawa Barat. Dan kalian tidak perlu menukarkan uang kalian dulu. Langsung aja bayar di kasir.
Ini tempat membeli pernak-pernik
Nah untuk para mommy yang membawa anak-anak. Ada juga lho mom di Dusun Bambu ini Playgoround untuk anak-anak. Selain itu juga ada kereta api yang mengelilingi taman. Untuk tarifnya saya tidak tahu, karena saya tidak membawa anak-anak sih hihi... Untuk playground yang saya foto ini, tampak dari depan.
Ini mom playgroundnya

Terakhir, kita menuju tempat makan Sarang Burung. Tempat makan ini tuh unik banget guys. Karena bentuknya seperti sarang burung, makanya saya sebut tempat makan sarang burung. Kalo kalian ingin makan disini, kalian harus terlebih dulu booking tempatnya guys. Kalo untuk tarifnya saya ga tahu. Silakan saja nanti tanya Mbak-nya ya guys.
Itu guys Tempat Makan Sarang Burung



Sekian tentang Dusun Bambu. Untuk harga sewaktu-waktu bsa berubah guys, saya kesini sekitar bulan akhir oktober 2015. Terima kasih.




Comments

Popular Posts