Berkemah di Rancaupas Ciwidey

Hai,
Kali ini aku mau ngasih referensi wisata buat kalian yang pengen banget berkemah. Pasti kalian pikir berkemah itu ribet, harus nyiapin kompor, panci, atau apapun itu. Eitss jangan salah guys, kalo kalian berkemahnya di Rancaupas Ciwidey, kalian ga perlu nyiapin peralatan segitu banyaknya. Yuk baca terus sampai habis review tentang Bumi Rancaupas ini. 

Bumi Rancaupas ini berada di Kampung Cai Rancaupas yang terletak di jalan Rancabali Ciwidey, Bandung Selatan. Rute ke Rancaupas, kalian bisa melewati Kopo - Soreang - Ciwidey, bagi kalian dari luar kota, kalian tinggal di pintu tol Kopo, lalu belok kanan. Bumi perkemahan Rancaupas ini ga jauh ko dari Kawah Putih, sekitar 500 m kalian sudah bisa menemukan plang Kampung Cai Rancaupas. Perjalanan kesana saya memakai motor dari Cimahi karena saya harus menjemput teman saya dulu. Kurang lebih 4 jam di jalan. Rasanya capek sekali, dan jalanannya kebanyakan nanjak dan ada yang kecil guys, jadi kalian hati-hati ya kalo mau kesini. Kami pun tiba disana sekitar jam 1 lewat 15 menit. Oh iya dari jalan raya kalian ga perlu bingung, ikuti saja jalannya, memang sih agak jauh. Seperti biasa, sebelum memasuki Kampung Cai Rancaupas, kalian harus membayar dulu tiket masuknya. Harga tiket masuknya sebesar Rp 20.000,-/orang sedangkan untuk motor hanya Rp 2.000,- dan untuk mobil sekitar Rp 5.000,- usahakan uang pas ya guys, biar ga kelamaan di pintu masuknya hihi

Setelah itu, kalian masuk aja ke dalam, untuk motor kalian bisa parkir di depan Kantor Perhutani. Kantor Perhutani  inilah yang mengelola Bumi Perkemahan Rancaupas ini. Nah bagi kalian yang tidak membawa peralatan camping, pihak perhutani telah menyediakan, jadi kamu ga perlu tuh ribet-ribet bawa tenda. Harga tenda disini bermacam-macam guys, tergantung ukurannya. Saya menyewa tenda yang biasa guys, karna kami hanya berdua saja kesini. Harga tenda yang kami sewa senilai Rp 150.000/hari, itu harga tenda yang paling murah guys. Selain itu kamu juga bisa sewa sleeping bag seharga Rp 20.000/pcs. Bagi kalian yang ga bisa pasang tenda, tenang aja ko kalian ga perlu takut, kalian bisa minta dipasangkan tendanya pada pihak perhutani. Oiya kalian juga bisa ko pilih tempat untuk mendirikan tenda sesuai yang kalian mau asalkan tempat tersebut belum di tempati sama orang lain. Intinya sih siapa cepat dia dapat. hihi...

Setelah saya mendapat tempat yang pas buat tendanya dan sambil menunggu saya duduk-duduk dulu disana. Gak lama aa yang masangin tenda dateng deh bersama sleeping bednya. Ga perlu nunggu lama lagi sekitar 15-20 menitan tendanya sudah terpasang. Oiya guys tenda kita ini tuh lumayan besar lho, muat sampe 6 orang sepertinya, kirain aku tendanya pas banget untuk 2 orang, eh ternyata luas banget.

Setelah menempuh perjalanan yang panjang, kami pun beristirahat dulu, sambil tiduran dan memandangi langit Bumi Rancaupas yang cerah sekali, rasanya nikmat banget guys. Kebetulan juga guys hari sabutu itu langitnya lagi cerah dan awannya pun bagus banget.


Nah gimana guys, keren banget kan?
Tidak terasa hari mulai sore, kami berdua lapar dan memutuskan untuk nyari makan. Akhirnya kami pun beli bakso, maklum maniac nakso, ga bisa nahan soalnya kalo lihat bakso hihi. Seporsi bakso Malang ini harganya Rp 5.000
Rasanya lumayan lah, makannya ga perlu khawatir guys, mamangnya sudah nyiapin tikar kok. Selain Bakso, ada juga tukang cilor, tukang basreng, cakue, siomay dll. Kalo kalian pengen makan nasi, ada ko, tempatnya dekat parkiran mobil. Disana banyak ko warung-warung guys.
Sore itu pun hujan, akhirnya kita pulang ke tenda.

Langit mendung berubah menjadi hitam, dan malam pun tiba. Suasananya gelap banget guys. Selain itu dingin banget guys, jadi kalian wajib ya bawa jaket, sarung tangan, dan kaos kaki. Apalagi kalian yang ga kuat dingin sebaiknya bawa jaket lebih dari satu juga tidak apa-apa. Oiya guys kalo kalian ga akan nyewa lampu patromaks, sebaiknya dari rumah kalian bawa senter ya, karna disini tu gelap banget. Kalo tenda kamu berdekatan sama orang lain sih mungkin masih mending guys dapet cahaya, tapi kalo jauh dan lupa bawa senter sebaiknya sih sewa lampu aja cuma Rp 60.000 kok. Oiya disini juga disediakan kayu bakar lho, kalian yang pingin membuat api unggun bisa membelinya dengan harga Rp 10.000/ikat. Bagi kalian yang ga mau masak, bisa ko, kalian ga perlu ribet-ribet bawa peralatan masak guys, karna disini banyak lho yang jual makanan. Oiya guys sebenernya tenda kita tuh dekat mck ko, cuma mck yang deket dengan tenda aku tuh, tempatnya kurang bersih dan untuk pintunya ga ada selotnya terus juga ga ada lampu dan gayung. Nah kalo malam kalian ingin buang air kecil sebaiknya ke mck yang dekat dengan aula guys.
Toilet
Nah guys yang ini lebih nyaman pokoknya. Ada gayung, ember, dan airnya pun bersih dan banyak. Ada wastafelnya juga. Tapi sayang kalo malam masih gelap soalnya lampunya mati. Untuk Pengelola, mohon untuk diperbaiki lagi Toiletnya agar para pengunjung lebih nyaman.

Nah di Bumi Rancaupas ini tidak sekedar berkemah saja lho, kalian disini bisa outbond, berendam air hangat, dan yang paling ngehits ke peternakan rusa. Masalah harga, jangan ditanya, disini tuh terjangkau banget deh guys. Kolam Renang Air Hangatnya kelihatan dari jauh nyaman guys, airnya bersih dan terlihat sekali asap-asapnya, sepertinya sih bener panas. Disini juga ada kamar bilasnya ko. Nah buat kalian nih yang pagi-pagi masih kedinginan langsung aja ke Kolam Renang Air Hangat ini. Sebelumnya maaf ya aku ga post foto kolamnya, karena aku ga berendam.

Keesokan harinya kita pergi ke Penangkaran Rusa. Asal kalian tahu guys, spot disini tuh bagus banget dan lagi ngehits juga lho. Penangkaran rusa ini tidak dipungut biaya lagi ko, tapi pihak penangkaran menyediakan wortel apabila kalian mau ngasih makan rusa-rusa itu. Harga satu kantong plastik wortel yaitu Rp 5.000 saja. Dengan memberi makan, kalian bisa lebih dekat dengan rusa-rusa tersebut, karna merekka selalu mendekat.
penangkaran rusa


Oiya kalian juga diperbolehkan turun lho. Tenang saja guys rusanya jinak ko. Oiya pastikan kalian sampe ujung penangkaran rusa ya. Karena spotnya tuh bagus banget. Nih ya lihat guys

Sebelum kalian meninggalkan tempat ini, kalian perlu tau ni, apabila kalian ditawarin stickk 4 rasa ini kalian wajib beli.
Enak dan rasanya gurih. Steak ini dibuat dari telor, terigu, dll. Warnanya pun bukan dari pewarna buatan guys, tapi dari bahan yang alami. Warna pink dari stroberi, ungu dari rasberry, hijau dari bayam, dan kuning dari jagung. Teksturnya renyah guys. Harganya cuma Rp 10.000/pcs.

Waktunya pulang, oiya waktu di jalan kebetulan banget nih nemu tukang duren. Akhirnya kita mampir dulu deh, soalnya pas berangkat ke Rancaupas, kepengen banget duren. Alhasil jadinya kita beli dan makan disana guys.
 Harga satu buah duren ini Rp 40.000 guys, mahal ya. Tapi tak apalah, mungkin karna disini tempatnya jauh dari kota jadinya mahal deh. Soal rasa manis ko guys, ini tuh abangnya yang milihin. Kalo uda dibuka tapi ga manis, bisa lho buka yang lain lagi, alias cari yang lebih manis. Oiya sebelum menyantap duren, sebaiknya kalian makan nasi dulu ya guys, takutnya nanti kalian sempoyongan dan ga bisa bawa kendaraan deh.

Jika kalian ke Rancaupas, sebaiknya ya kalian mampir juga ke Situ Patenggang, Kawah Putih guys. Biar sekalian capek hihi...

Nah gimana guys, kalian tertarik kesini? Yuk tambahkan Rancaupas ke dalam daftar destinasi refreshing kalian. Ini dia guys pricelist yang aku janjiin. Oke, selamat berkemah.
pricelist perkemahan rancaupas

Comments

Post a Comment

Popular Posts